Budidaya Ikan Lele Mudah Dengan Modal Kecil

Sebelumnya disini kami ingin mengucapkan selamat datang untuk anda yang telah bergabung untuk mempelajari tehnik budidaya ikan lele . Sebagai pembudidaya anda semua tentu di tuntut untuk meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan hasil . Ini sangat penting guna menunjang perekonomian anda yang memang menggeluti bisnis seperti ini .

Kali ini kami ingin sedikit bercerita tentang bagaimana cara budidaya ikan lele dengan modal yang kecil namun dapat meraup keuntungan yang besar . Budidaya ikan lele merupakan pekerjaan yang terbilang mudah – mudah gampang dimana kunci keberhasilanya ada di tangan anda . Di sini kami ingin berbagi kepada anda yang masih pemula , dan untuk anda yang sudah mengetahui atau merasa sudah berpengalaman dengan budidaya ikan anda dapat memberikan komentar tentang sesuatu yang kami bagikan ini .

Budidaya Ikan Lele

 

Sebelum memulai budidaya hal yang perlu anda persiapkan adalah lahan yang berupa kolam . Guna menghemat pengeluaran dalam pembuatan kolan anda dapat meminimalisir dengan membuat kolam terpal . Jika anda sudah memiliki pengalaman yang cukup , anda mungkin bisa up grade kolam tersebut menjadi permanen . Tapi bagi anda yang masih baru memulai kami lebih menyarankan untuk membuat kolam dengan menggunakan media terpal .

Untuk aksi lanjutan , anda dapat mempersiapkan beberapa alat yang dapat anda baca dibawah sini :

  • Sabut Aren ( Ijuk )
  • Sepasang Indukan Lele
  • Cacing Sutra
  • Dll

Setelah semua bahan terkumpul dan tempat budidaya siap , selanjutnya anda dapat memulai bubidaya ikan lele tersebut .

Proses Pembudidayaan Ikan Lele

  • Isilah kolam dengan Ketinggian Air 20 – 30 Cm
  • Masukan Satu Pasang Indukan Ikan Lele
  • Masukan Juga Ijuk ( Tempat Ikan Bertelur )

Setelah anda melakukan tahap – tahap yang kami berikan di atas , anda tinggal menunggu waktu sekitar 2 – 3 Hari untuk ikan bertelur . Usahakan air tetap dalam kondisi jernih supaya ikan indukan mau untuk bertelur dan telurnya menetas dengan keberhasialan < 79 % .

Setelah bertelur , jangan lupa untuk memindahkan indukan dari tempat pembudidayaan . Hal ini di lakukan supaya tingkat keberhasilan telur untuk menetas menjadi lebih tinggi . Saat telur lele menetas , ia membutuhkan waktu 5 -7 Hari untuk dapat mengkonsumsi makanan .

Makanan anakan lele yang pertama adalah cacing sutra . Anda dapat memebrikan caning sutra hingga umur lele mencapai 2 – 3 Minggu . Waktu ini cukup panjang jadi usahakan anda tetap memiliki stok yang banyak untuk cacing sutra .

Selah kira – kira anakan lele bisa mengkonsusmsi makanan yang lebih besar anda dapat memberikan pelet dan jika belum mau mengkomsumsi pelet ikan anda dapat memberikan Pelet Udang . Jika anakan lele sudah memiliki ukuran sebesar gabus rokok Mild anda dapat mejualnya kepada pemasok .

Mudah bukan untuk membudidayakan ikan lele . Bagi anda yang baru mencoba jangan takut dengan angka kegagalan yang sudah anda rasakan . Jadikan kegagalan dalam budidaya lele ini menjadi pembelajaran supaya tidak terjadi lagi di pembudidayaan selanjutnya .